{AKU dan SRK} Intan Pertiwi
AKU dan SRK
Selama Perkuliahan
Masa Perkuliahan merupakan masa yang singkat
dan memerlukan penanganan yang tepat untuk memanjamen waktu berdasarkan skala
prioritas yang ditentukan oleh masing-masing individu. Pembuatan skala
prioritas tentu memerlukan beberapa poin-poin tujuan yang ingin dicapai dalam
masa perkuliahan yang berlangsung kurang lebih 4 tahun. Adapun poin-poin tujuan
yang ingin dicapai dapat disusun melalui pembuatan AKU dan SRK selama masa
perkuliahan berlangsung. AKU adalah singkatan dari ambisi, kenyataan dan usaha
yang dimana dapat dimaknai sebagai ambisi
atau hasrat yang besar untuk mencapai sesuatu namun disisi lain terdapat kenyataan yang
dapat menghambat tercapainya ambisi tersebut sehingga memerlukan usaha yang
cukup dan memadai guna menggapai ambisi yang diharapkan. Adapun SRK yang
merupakan singkatan dari sasaran, resiko, dan konsekuensi. Sasaran merupakan
target dimasa depan yang ingin dicapai baik individu maupun kelompok. Resiko
adalah kemungkinan bahaya yang akan muncul dari suatu usaha pencapaian sasaran.
Dan yang terakhir adalah konsekuensi yang merupakan hasil yang akan didapatkan
apabila dapat mencapai sasaran maupun apabila pencapaian tersebut gagal atau
tidak maksimal.
Adapun AKU saya selama masa
perkuliahan adalah sebagai berikut:
1.
Ambisi:
·
Dapat
lebih aktif di kelas pada jam pembelajaran baik dalam mengemukakan pendapat
ataupun menjawab pertanyaan yang diajukan dosen.
·
Dapat
lebih aktif di lingkungan kampus, dalam berorganisasi dan mengemukakan pendapat
·
Mengenal
dengan baik teman-teman seprodi dan teman-teman yang berasal dari prodi yang
berbeda.
·
Aktif
dalam berbagai kegiatan kepanitiaan di kampus
·
Aktif
dalam kegiatan HMS
·
Aktif
dalam kegiatan Km ITK
·
Mengikuti
perlombaan tingkat nasional dan memenangkannya
·
Aktif
berbahasa inggris
·
Membuat
orang tua benar benar bangga dan percaya bahwa saya sudah benar benar dewasa,
pandai mengatur waktu, dan tepat beribadah juga lebih mampu mendekatkan diri dan
menjaga komitmen kepada yang maha kuasa
2.
Kenyataan
·
Belum
berani mengemukakan pendapat di depan umum
·
Belum
mampu mengenal dengan baik teman seprodi maupun teman satu angkatan dari prodi
lain
·
Masih
memiliki rasa segan yang berlebih kepada kakak tingkat
·
Belum
mampu mengenal lebih banyak kakak tingkat
·
Belum
mampu mengatur pembagian waktu berdasarkan skala prioritas
·
Belum
mampu memahami bakat saya untuk mengkuti perlombaan yang sesuai
·
Belum
mahir berbahasa inggris
·
Belum
mampu sepenuhnya menjaga komitmen dan beribadah dengan semestinya kepada yang
maha kuasa
3.
Usaha
·
Lebih
aktif dalam mengemukakan pendapat di kelas maupun di depan umum
·
Mendekatkan
diri pada lingkungan perkuliahan
·
Lebih
banyak mengenal teman prodi lain
·
Lebih
berusaha mengenal pribadi masing-masing teman seprodi
·
Memecahkan
masalah dengan kepala dingin untuk menemukan penyelesaiannya
·
Memperbanyak
sosialisasi dengan kakak tingkat
·
Menambah
pengalaman berorganisasi
·
Membuat
skala prioritas
·
Lebih
menggali potensi diri dengan mengikuti berbagai perlombaan dengan
sungguh-sungguh guna menegtahui potensi, dan minat bakat
·
Mengikuti
kursus bahasa inggris dan mengikuti tes TOEFL
·
Menjalankan
skala prioritas yang telah saya buat dengan konsisten
·
Lebih
tekun beribadah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.
·
Mengatasi
masalah dengan kepala dingin dan berkepribadian dewasa
·
Membanggakan
kedua orang tua saya.
Adapun
SRK saya selama masa perkuliahan adalah sebagai berikut:
Pada
tahun pertama SRK saya adalah,
1.
Sasaran
·
IPK
lebih dari 3,5
·
Memperbanyak
mengikuti organisasi yang mendukung pengembangan diri
2.
Resiko
·
Waktu
luang untuk bermain berkurang
·
Kesehatan
terkadang menurun
3.
Konsekuensi
·
Jika
berhasil, menjadi kebanggaan bagi diri saya dan orang tua saya.
·
Menjadi
motivasi saya untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang
Pada
tahun kedua SRK saya adalah,
1.
Sasaran
·
IPK
lebih dari 3,5
·
Menjadi
asisten laboratorium fisika dasar
·
Menjadi
staf dalam perlombaan KJI dan KBGI
·
Menajadi
panitia SPIN dan REKTORCUP
·
Menjadi
staf magang di KM ITK
·
Lolos
dalam PKM Pimnas
2.
Resiko
·
Waktu
luang untuk bermain berkurang
·
Kesehatan
terkadang menurun
·
Kesulitan
dalam membagi waktu
·
Waktu
bersama keluarga berkurang
3.
Konsekuensi
·
Menambah
pengalaman saya dalam berorganisasi
·
Menambah
banyak teman
·
Lebih
banyak mengenal kakak tingkat
·
Meningkatkan
kebanggan untuk diri dan orang tua
·
Menambah
motivasi semangat agar lebih baik kedepannya
Pada
tahun ketiga SRK saya adalah,
1.
Sasaran
·
IPK
lebih dari 3,5
·
Menjadi
mawapres
·
Nilai
TOEFL 430
·
Menjadi
staf ahli di KMITK
·
Menjadi
staf di HMS
·
Mengikuti
perlombaan KJI dan KBGI serta memenangkannya
2.
Resiko
·
Waktu
luang berkurang
·
Kesehatan
sering kali menurun
·
Jam
untuk tidur berkurang
·
Waktu
bersama keluarga berkurang
·
Kesulitan
dalam pembagian waktu dan skala prioritas
3.
Konsekuensi
·
Memberi
kebanggaan untuk orang tua saya
·
Menambah
pengalaman berorganisasi dan mengikuti perlombaan
·
Menambah
motivasi semangat untuk menjadi lebih baik lagi
·
Menambah
teman dan memperluas wawasan saya
Pada
tahun keempat SRK saya adalah,
1.
Sasaran
·
Mengikuti
LKMM tingkat selanjutnya
·
Menjadi
pemandu dalam LKMM
·
Lulus
kuliah 3,5 tahun
·
TOEFL
470
·
Menyelesaikan
skripsi dan sidang skripsi dengan baik
2.
Resiko
·
Waktu
difokuskan pada kegiatan belajar
·
Waktu
bersama keluarga berkurang
·
Kesulitan
dalam mengatur waktu luang dan waktu tidur
·
Kesehatan
sering kali menurun
3.
Konsekuensi
·
Diri
dan kedua orang tua saya menjadi bangga
·
Saya
merasa bahagia dan tentunya termotivasi agar lebih bersemangat menyusun masa
depan yang baik dengan perencanaan yang sesuai AKU dan SRK berikutnya.
Komentar
Posting Komentar